Langsung ke konten utama

Makan dan Belanja Murah di London



Hah..

Tidak terasa sudah seminggu berlalu sejak gue meninggalkan London. Gue tinggal di London selama 2 minggu, mengikuti program EF Language Travel (homestay).

Di London, segalanya mahal, mulai dari pipis di stasiun underground yang tarifnya 30 pence sampai gantungan kunci/magnet kulkas yang harganya lebih dari 1 pound. 1 pound kan Rp.14000. Sakit hati banget deh disana hahaha.

Makanan? Jangan ditanya.. Mahal-mahal banget. Di Euston Underground Station (deket University College of London, tempat gue belajar english bersama EF), gue suka makan makanan Jepang, udon, yang harganya 5 pound. Enak? Biasa aja tuh. Makan di Burger King juga kisaran harganya segitu, burger kurang lebih 4 pound.

Nah, berhubung gue orangnya kere dan sangat pelit. Maka inilah tips makan murah di London ala gue :

-Makanlah di restoran KFC-KFCan, seperti Dixy Chicken atau Chicken Cottage, tersebar diseluruh London. Harganya lumayan murahlah (dibanding yang lain), apalagi kalo beli paket family, makan rame-rame, patungan ga sampe 3 pound, perut kenyaaang.

-Beli makanan di Sainsbury's (Indomaret-lah kalo di Indonesia). Ayam 3 potong harganya 1.5 pound, rasanya? Lumayanlah.. Atau kalau kangen nasi, bisa juga beli nasi + potongan ayam seharga... Lupa. Di Sainsbury's atau Tesco, pilihan makanannya bervariasi dengan harga cukup terjangkau.

-Kalau kere, jangan makan di restoran seperti Nando's (restoran meksiko) dll. Mahal.

-Di Oxford Street ada restoran Malaysia (kalau lagi kangen makanan bercita rasa Indonesia), namanya restoran Rasa Sayang. Rasanya lumayanlah, tapi harganya bagi gue cukup mahal, lebih dari 5 pound untuk sepiring nasi goreng. Hmm.

-Minum? Di London gue ga pernah minum air keran, beli aja di Sainsbury's (sekitar 49 pence)

Nah.. Setelah kenyang. Saatnya belanja. Berikut tempat belanja lumayan murah versi gue :

-Primark. Wajib banget dateng ke Primark walaupun sekedar lihat-lihat. Semua barang murah.. Tank top seharga 2 pound, kaos kaki seharga 1 pound. Kaos bergambar bendera UK seharga 3 pound (cocok buat oleh-oleh). Waktu di Primark gue ga ngeliatin harga-harga baju ceweknya, takut tak kuat iman dan akhirnya belanja banyak hahaha.

Di Primark ini semua orang kalap belanja. Wajarlah, karena memang harga yang ditawarkan sangat murah dan barang yang variatif. Kualitas? Aku tak tauu..

Cara menuju Primark : Naik tube, turun di Marble Arch station lalu nyebrang, sampailah di Primark, atau bisa juga turun di Bond Street (agak jauh, tapi gagapalah sekalian cuci mata). JANGAN turun di Oxford Circus. Bakal sengsara karena jalannya jauuuuuh banget.

-Oxford Street kalau mau beli oleh-oleh. Ga murah juga sih sebenarnya.

Di Oxford Street ini semua merk ada. Saran gue sih kalau belanja di Marks and Spencer aja, lumayanlah separo harga dibanding di Indonesia.

-CAMDEN MARKET. Tempat favorit gue di London. Camden Market ini dibagi lagi jadi Camden Lock, Stables Market terus... Aku tak tau lagi ya. Yang jelas pasar ini cukup besar.

Barang-barang yang dijual kebanyakan yang berbau punk atau gothic-gothic gitu. Atau barang-barang antik. Banyak juga baju-baju Victorian. Kalau mau belanja barang-barang unik lebih baik ke Camden.

Untuk belanja souvenir, saran gue sih beli di Camden Market saja, karena harga yang ditawarkan cukup murah dan bisa ditawar. Kaos I LOVE LONDON bisa seharga 5 pound (belum ditawar). Atau beli miniatur Big Ben dengan harga yang lebih murah dibanding di Baker Street (yaiyalah) (pengalaman pribadi, beli miniatur Big Ben di Baker Street seharga 20 pound, di Camden Market sama persis 15 pound belum ditawar).

Gue lebih nyaman berada di Camden Market dibanding Oxford Street, Oxford Street terlalu ramai hehe.

Di Camden Market juga banyak sekali pilihan makanan. Harga? Wah kurang tau ya.. Belum pernah makan disana.

Cara menuju Camden Market : Naik tube turun di Camden Town. Atau kalo gue sih suka naik Bus nomer 24 (24 to Hampstead Heath/Chalk Farm) turun di Hartland Road (pas di depan Stables Market)

Oiya, 1 hal yang wajib diingat : NAWAR!

-sekian & ta

Komentar

  1. bayarnya berapa kak? :O asik banget

    BalasHapus
  2. wah asik yaaa gambarnya kurang banyak deh tung hehehe
    kaos kaki 1pound? 14 rebu? mahaaal! *kebiasaan kaos kaki 10 rebu 3*

    BalasHapus
  3. wahh kamu ngingetin gua dulu, 4 tahun yang lalu gua juga ikutan EF LT ke oxford city tapi hehehe. #nostalgia

    NICE POST :)

    BalasHapus
  4. Tempat wisata dan belanja murah dekat Holloway University dimana ya?

    BalasHapus
  5. I love u full, gw lg di london... Membantu bgt info nya

    BalasHapus
  6. makasih nih kak inforamasinya bisa jadi bahan untuk jalan jalan ke london akhir tahun hehe

    BalasHapus
  7. Mau tanya, di London listriknya 220 volt mirip di Indonesia? dan colokannya 2 mirip di Indonesia?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENERAN : Pesta Telah Usai

Uhmm.. Tadinya, judul postnya mau gue tulis : The Party's Over, tapi, ya.. Karna gue menganut prinsip Aku Cinta Bahasa Indonesia , seperti yang tertera di buku Bahasa Indonesia pas gue SD, kalogaksalah. Yagitudeh, judulnya jadi begitu.. Hmm.. Hari ini, tanggal 17 Desember, yang berarti 'pesta' ulangan akhir semester gue BERAKHIR, yupz, BERAKHIR DENGAN TRAGIS. Eh, gak juga kayaknya deh. Liat aja besok lah. 'Pesta' semalam suntuk gue bersama Aristoteles, Eratotenes, Max Weber, Dewi Persik dkk nya, telah selesai. Begitu juga dengan 'pesta' dari jam 6-10 pagi gue bersama Persamaan Kuadrat, Logaritma, Grafik Fungsi, Mendeleev, Bohr, whateverlalalala, telah selesai juga. Dan, upz, pesta mulai dari jam 10-10.30 pagi menjelang siang gue bersama Mbak Rihanna, Mbak Pink, kawan-kawan Paramore, Fall Out Boy dan sobat-sobat jauh laennya di MTV Asia. Selesai juga. Sial. FYI : Sekolah gue biasanya masuk pagi, tapi, pas minggu-minggu ulangan gini, anak kelas 1, masuknya ja

Derawan Islands, Indonesia.

Hello! So, it’s been like… 4 years since the last time I wrote something? Haha. OK. I’m gonna write this in English cause I realize that my English sucks and I need to improve it. Practice makes perfect, no? Several months ago, on March 2015 to be exact, I had a chance to visit Derawan Islands in East Kalimantan, Indonesia. And here goes the story.. On 26 March, Anna, a German friend of mine, texted me at 2.14 AM. Yep. A freaking M. She said good morning (morning she said?!) and told me to get ready cause we had a flight to catch at 5 AM. Around 4 AM we already arrived at Soekarno Hatta and met other Kakaban (the name of the agency) tour’s participants. After 2.5 hours flight from Jakarta to Tarakan we finally arrived in Kalimantan! Yeay! We had lunch and went straight to Derawan Islands by a boat with a crazy captain called Dwi with a boat named Dwi Putra. We spent around 5 hours in the boat, with a crazy captain, on a high tide (I think it was because of the tide t

BBB = BENERAN : Bandung & Bena

Yaampun.. Udah lama gak nulis-nulis disini.. Jadwal apdet gue sekarang berubah jadi sebulan sekali. Gila. Padahal gue gak sibuk apa-apa. Edan. Hehe. Jadi tanggal 24 Maret 2009 kemaren, gue pergi study tour ke Bandung. Iya. Skul-skul didaerah gw emank pada gak kreatif masa study tour ke Bandung mulu? Uda gitu banyakkan tour nya daripada study nya . Terus ya terus.. Hmm.. *kehabisan kata-kata*. Pas uda agak-agak mau pulang dari Bandung ya.. Gue mampir dulu ke McDonaldbebek, terus mesen McFlurry. Karna gue berjiwa seni dan karna gue gak terlalu suka manis dan karna mcflurry itu manis buanget bagi gue, maka gue menambahkan Coca cola + kentang goreng + saos sambal ke mcflurry bernasib malang tersebut. Hasilnya? Menurut gue sih enak. Rasa manisnya jadi gak terlalu manis lagi. Gitu. Ada yang mo coba juga? *difoto pake kamera hape temen gue, kayaknya salah fokus* ================================================================================= Oh yeah. Mugnya Benajiobenabenji uda nyampe d