Langsung ke konten utama

Jalan-Jalan : Nusa Lembongan + Biaya dan Tips Part.1

HALOOOOOO!

Sudah hampir 2 tahun saya tidak menulis di blog ini. Sepertinya trend blogging juga sudah menghilang digantikan oleh vlog-vlog gitu, ya? Teman-teman blogger saya pada zaman sekolah dulu juga sudah pada menghilang (dan beberapa sudah punya anak!). Saya sendiri pernah berniat untuk bikin vlog ala-ala anak muda zaman sekarang tapi apadaya terlalu malu untuk ngomong di depan kamera dan malas untuk editing videonya...

Anyways, I'm going to share my recent trip to Nusa Lembongan on May 2017.

Pelabuhan Mushroom Bay, Nusa Lembongan.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah : Beli tiket ke Bali! Kecuali memang sudah tinggal di Bali.. Terserah deh mau naik pesawat, bus, kereta, kapal laut, kapal api.

Kedua, setelah tiba di Bali, pergilah ke Sanur dan menuju booth penjualan tiket speedboat/slowboat yang ada di depan pantainya. Ada banyak sekali booth penjualan tiket namun saya menggunakan Optasal. Harga tiket untuk lokal adalah Rp.200.000 PP. Kami membeli tiket PP dengan tiket pulang berupa open ticket sehingga bebas memilih jadwal dengan terlebih dahulu konfirmasi ke booth tiket yang berada di Nusa Lembongan sekitar 1 jam sebelumnya. Berikut daftar tarifnya (yang tertera adalah tarif untuk wisatawan asing) :

Daftar tarif speedboat Optasal, mohon maaf fotonya kok miring gini..

Saya berdua dengan seorang teman membeli tiket untuk keberangkatan di siang hari, sebelum berangkat kami makan di warung sebelah booth penjualan tiket yakni Warung Mak Beng. Warung tersebut menjual ikan bakar dan sup ikan dengan harga enak namun agak mahal bagi kantong mahasiswa... (loh jadi review makanan?!)

Menjelang jam keberangkatan, kami mendengar pengumuman bahwa penumpang kapal menuju Mushroom Bay diharapkan untuk naik. Oh iya, terdapat 2 pelabuhan di Nusa Lembongan yakni Mushroom Bay dan Jungut Batu. Jangan sampai salah tujuan, ya! Karena walaupun pulaunya kecil..Ya..Jauh juga sih jarak antar port-nya.. Kebetulan tempat kami menginap berada dekat dengan pelabuhan Mushroom Bay, so, off we go....!

Oh iya, dikarenakan boat tidak bersandar di dermaga, maka untuk dapat menaikinya kita harus melewati pantainya terlebih dahulu dan menitipkan alas kaki ke dalam bak si abang kapalnya. Maka sebaiknya gunakan sandal jepit karet agar mudah untuk dilepas dan jangan mengenakan sepatu kulit fancy karena agak sayang kalau terlindas oleh sandal sandal berpasir di dalam bak..

Perjuangan untuk naik ke kapal

TIPS DI SPEEDBOAT MENUJU NUSA LEMBONGAN :
1. Jangan duduk di depan
2. Sebisa mungkin duduk di belakang
3. Kalau sudah terlanjur duduk di depan berdoa-lah agar penderitaan segera berakhir

Kami duduk di barisan terdepan dan perasaan menyesal langsung datang... ENGGA ENAK BANGET YA DUDUK GAJRUK-GAJRUKAN GITU. Pantat kami seketika langsung sakit dan teman saya pucat dan panik serta ingin muntah karena hentakan kapal sangat terasa. (Pada saat pulang kami memilih duduk di barisan belakang dan perjalanan terasa begitu indah). Saya lupa berapa lama perjalanan berlangsung namun sepertinya hanya 30 menit dan kami-pun tiba di Nusa Lembongan yang luar biasa cantiknya itu..

Penderitaan hampir berakhir ketika Nusa Lembongan sudah di depan mata

Saat kami tiba beberapa penduduk mulai menawarkan jasa penyewaan motor mereka, kami mengikuti salah satu abang-abang tersebut dan mulai menawar secara sadis. Akhirnya kami mendapatkan harga sewa motor sejumlah Rp. 65.000/hari dengan bensin penuh setelah tawar menawar dengan harga awal Rp.70.000. Kami menyewa selama 2 hari pada awalnya, kemudian di hari ke-tiga kami ingin menyewa kembali dan diberikan motor lain dengan bensin penuh seharga Rp.60.000/hari. Motornya berupa motor matik dan lumayan nyaman untuk dikendarai (menurut teman saya, saya sih tidak bisa bawa motor). So, pintar-pintarlah menawar.

Nomer abangnya jika ada yang butuh

Setelah itu, abangnya yang baik hati kebetulan juga ingin pulang kemudian dia mengantarkan kami ke penginapan kami yang terletak dekat dengan port dan super strategis di pinggir jalan utama yakni : Nusa Garden Homestay. I LOVE THIS HOMESTAY SO MUCH! Dengan tarif Rp.200.000/malam kami mendapat kamar yang lumayan luas dengan kasur nyaman, terdapat juga AC dan fasilitas wifi yang kencang, serta kamar mandi dalam dengan konsep semi-outdoor disertai pemanas air (yang unstable tapi yaudalahya). Disediakan pula teh dan kopi serta 2 botol air mineral dan ketel air serasa di hotel! Hanya terdapat 3 kamar di penginapan ini dan semuanya mempunyai teras yang mengadap taman kecil. Saya sangat merekomendasikan penginapan ini untuk siapapun yang berkunjung ke Nusa Lembongan. Saya pribadi sangat menyesal karena hanya menginap 1 hari di penginapan tersebut, seandainya saya tahu bahwa dengan Rp.200.000 sudah bisa mendapatkan kamar seasik itu sih saya ogah menginap di tempat yang lebih mahal! Oh iya saya memesan kamar ini via Booking.com dan tidak ada masalah sama sekali pada saat check-in.

Kamar kami yang super nyaman dan bersih

Setelah meletakkan barang-barang, kamipun berkeliling pulau sembari mencari operator untuk snorkeling trip kami keesokan harinya setelah itu kami pergi menuju : Nusa Ceningan.

Nusa Ceningan sendiri adalah pulau tetangga dari Nusa Lembongan, untuk menuju ke sana terdapat sebuah jembatan yang terkenal dengan nama Yellow Bridge alias Jembatan Kuning yang sempat rubuh beberapa waktu silam namun sudah dibangun kembali.

The Yellow Bridge!

Pulau ini mungil dan sangat cantik. Kami langsung menuju ke Blue Lagoon yang cantiknya bikin betah untuk nongkrong di situ.

Cantiknyaaaa

Setelah itu, kami ingin melihat sunset di beach club terkenal terutama di kalangan Instagrammers karena tempatnya yang katanya Instagrammable itu,,, (Kemudian sekarang saya baru sadar kok ga foto-foto sama sekali di sana) : LE PIRATE BEACH CLUB.

Le Pirate ini selain mempunyai tempat makan dan bar juga punya beberapa rumah (super) mini sebagai penginapan (yang sangat instagrammable itu..yang lucu itu..katanya). Untuk menginap di sanapun harus booking jauh-jauh hari melalui website mereka. Lalu kami, karena tidak ada budget untuk menginap di tempat lucu itu, dengan modal minuman 1 gelas (yang harganya bisa untuk makan 2x sebenarnya..), dapat menikmati sunset yang super bagus. Pada saat kami datang memang tidak ramai beach club tersebut, namun karena kami tidak ingin spot terbaik direbut orang, maka kami sejak matahari masih terang-terangnya sudah nongkrong di bangku yang membuat kulit perih asoy + gosong.
 Penginapan "instagrammable"

Bar-nya

Ini kolamnya Le Pirate yang terkenal itu... Eh ternyata kecil

Beautiful sunset

Karena hari sudah gelap dan saya takut gelap-gelapan maka kami pulang ke Nusa Lembongan dan mencari makan malam setelah itu tidur karena besok paginya akan melihat Manta Ray di Nusa Penida.

TIPS MAKAN HEMAT DI NUSA LEMBONGAN :
Mayoritas pengunjung Nusa Lembongan adalah turis asing, jarang sekali terlihat turis lokal pada saat saya berkunjung di sana. Maka harga makanannya pun agak mahal pula.

Pada hari pertama saya terjebak makan nasi goreng rasa pas-pasan seharga Rp.25.000. Kemudian kami mencari lagi makanan dan menemukan warung favorit kami yakni : WARUNG 99. Jangan sampai salah dengan Warung 99 Meal House yang terletak di pinggir pantai di Jungutbatu ya karena harganya beda...j a u h. Saya sudah membuktikannya. Percayalah! Percayalah!

Warung 99 ini letaknya bersebelahan dengan sebuah toko souvenir dan lokasinya bersamaan dengan toko...bantal (?) bernama QQ Cushion. Letaknya dekat dengan The BAR. Jadi kalau dari arah Mushroom Bay Beach jalan aja terus menyusuri jalan utama kemudian melewati The BAR di sebelah kanan jalan nah jalan lagi sampai lewat toko souvenir di sebelah kiri nah ada Warung 99 di sebelahnya. Ini locationnya di Google Map : https://goo.gl/maps/nuYiVFLKcS72

Memang warung ini tampak sepi dan tidak hits seperti tempat makan lainnya. Namun jika ingin makan murah, enak dan kenyang di sini tempatnya! Harga mie ayam bakso Rp.15.000 dengan porsi besar. Favorit saya adalah mie goreng instan + telor seharga Rp.10.000 hehehe.

Jika di daerah Mushroom warung favorit kami adalah Warung 99, di daerah Jungutbatu maka warung favorit kami adalah Warung Prema 2.

Warung Prema 2 (BUKAN Warung Prema aja ya guys karena ada tapi beda) ini lokasinya berada di depan (geser dikit deh) operator snorkeling kami yakni D&B Warung, sebelum Bali Eco Deli yang terkenal itu. Tempatnya kayak tenda gitu. Menjual nasi campur yang enaaaaaaaaak buanget, ga lebay tapi beneran enak banget, dengan harga Rp.15.000-20.000 kita bisa dapat nasi dengan aneka lauk pauk dan sayur serta ada supnya! Minta ekstra sambal biar tambah maknyus!

Mungkin ada lagi warung-warung makan di pulau tersebut dengan harga murah.. Namun, berdasarkan survey asal kami yakni dengan cara mampir ke tempat makan dan bertanya harga atau membuka menu kemudian kabur karena harganya agak mahal (menurut kantong saya karena mahal murah kan relatif, ya). Tapi memang harga makanan di Nusa Lembongan relatif lebih murah dari di Bali.

Sekian tulisan bagian pertama ini. Semoga ada manfaat yang dapat diambil dari saya -yang sudah bertahun-tahun tidak nulis- ini.

1. mantap bos informasinya tentang nusa lembongan

2. Terima kasih infonya gan, sukses selalu

3. jika ingin ke nusa lembongan bisa menghubungi kami dengan harga paket

4. Terimaksih gan sudah berbagi artiket yang berguna tentang nusa lembongan.

5. Terimaksih informasinya ya. kalau perlu fast boat ke nusa penida silahkan kunjung kami.

6. PROMO SPESIAL 100% SABUNG AYAM ONLINE | MENANG TARUHAN BERUNTUN -

Nikmati Promo Spesial Bonus 100% Khusus untuk Taruhan Sabung Ayam Onlie yang di siarkan secara Live (Langsung) dari Arena yang ada di Negara Filipina !

Pertandingan di liput secara live oleh kru proffesional dari Laga Tournament yang di adakan di negara tersebut ! Minimal Deposit hanya IDR 50.000,- Dan Untuk Taruhannya minimal IDR 20.000,- Saja

Dapat di tonton melalui Aplikasi Khusus yang dapat di download dan di Instal di Smartphone Android / iOS kesaangan anda !

Download Aplikasi Sabung Ayam Livenya sekarang juga ! Klik Di sini <<<===

Tersedia :
    » Sabung Ayam S128
    » Sabung Ayam SV388

Menerima Transakdi Deposit & Withdraw Menggunakan OVO | GOPAY | LINKAJA | DANA | PULSA dan SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA.

Untuk Informasi selengkapnya, Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

Postingan populer dari blog ini

BENERAN : Pesta Telah Usai

Uhmm.. Tadinya, judul postnya mau gue tulis : The Party's Over, tapi, ya.. Karna gue menganut prinsip Aku Cinta Bahasa Indonesia , seperti yang tertera di buku Bahasa Indonesia pas gue SD, kalogaksalah. Yagitudeh, judulnya jadi begitu.. Hmm.. Hari ini, tanggal 17 Desember, yang berarti 'pesta' ulangan akhir semester gue BERAKHIR, yupz, BERAKHIR DENGAN TRAGIS. Eh, gak juga kayaknya deh. Liat aja besok lah. 'Pesta' semalam suntuk gue bersama Aristoteles, Eratotenes, Max Weber, Dewi Persik dkk nya, telah selesai. Begitu juga dengan 'pesta' dari jam 6-10 pagi gue bersama Persamaan Kuadrat, Logaritma, Grafik Fungsi, Mendeleev, Bohr, whateverlalalala, telah selesai juga. Dan, upz, pesta mulai dari jam 10-10.30 pagi menjelang siang gue bersama Mbak Rihanna, Mbak Pink, kawan-kawan Paramore, Fall Out Boy dan sobat-sobat jauh laennya di MTV Asia. Selesai juga. Sial. FYI : Sekolah gue biasanya masuk pagi, tapi, pas minggu-minggu ulangan gini, anak kelas 1, masuknya ja

Derawan Islands, Indonesia.

Hello! So, it’s been like… 4 years since the last time I wrote something? Haha. OK. I’m gonna write this in English cause I realize that my English sucks and I need to improve it. Practice makes perfect, no? Several months ago, on March 2015 to be exact, I had a chance to visit Derawan Islands in East Kalimantan, Indonesia. And here goes the story.. On 26 March, Anna, a German friend of mine, texted me at 2.14 AM. Yep. A freaking M. She said good morning (morning she said?!) and told me to get ready cause we had a flight to catch at 5 AM. Around 4 AM we already arrived at Soekarno Hatta and met other Kakaban (the name of the agency) tour’s participants. After 2.5 hours flight from Jakarta to Tarakan we finally arrived in Kalimantan! Yeay! We had lunch and went straight to Derawan Islands by a boat with a crazy captain called Dwi with a boat named Dwi Putra. We spent around 5 hours in the boat, with a crazy captain, on a high tide (I think it was because of the tide t

BBB = BENERAN : Bandung & Bena

Yaampun.. Udah lama gak nulis-nulis disini.. Jadwal apdet gue sekarang berubah jadi sebulan sekali. Gila. Padahal gue gak sibuk apa-apa. Edan. Hehe. Jadi tanggal 24 Maret 2009 kemaren, gue pergi study tour ke Bandung. Iya. Skul-skul didaerah gw emank pada gak kreatif masa study tour ke Bandung mulu? Uda gitu banyakkan tour nya daripada study nya . Terus ya terus.. Hmm.. *kehabisan kata-kata*. Pas uda agak-agak mau pulang dari Bandung ya.. Gue mampir dulu ke McDonaldbebek, terus mesen McFlurry. Karna gue berjiwa seni dan karna gue gak terlalu suka manis dan karna mcflurry itu manis buanget bagi gue, maka gue menambahkan Coca cola + kentang goreng + saos sambal ke mcflurry bernasib malang tersebut. Hasilnya? Menurut gue sih enak. Rasa manisnya jadi gak terlalu manis lagi. Gitu. Ada yang mo coba juga? *difoto pake kamera hape temen gue, kayaknya salah fokus* ================================================================================= Oh yeah. Mugnya Benajiobenabenji uda nyampe d